Wednesday, January 21, 2015

Kenbunshoku Haki Dan Penggunanya - One Piece

Kenbunshoku Haki, juga dikenal sebagai Mantra (心 綱 (マ ン ト ラ) Mantora ?, secara harfiah berarti "Tali Pikiran") pada Skypiea, adalah bentuk Haki yang memungkinkan pengguna untuk merasakan kehadiran orang lain, bahkan jika mereka tersembunyi dari pandangan atau terlalu jauh untuk melihat secara alami.

Latar Belakang 
Ini pertama kali diperkenalkan dengan nama Mantra ketika Satori menggunakannya untuk melawan Sanji, Luffy, dan Usopp saat mereka pergi melalui Ordeal of Balls. Aisa adalah satu-satunya Shandian dikenal yang memiliki kemampuan ini. Ini berfungsi sebagai titik plot ketika ia membantu Luffy mencari Enel. Ini bervariasi dalam kekuatan antara pengguna, dengan Enel yang tampaknya menjadi yang terkuat. Dengan Buah Iblis, Goro Goro no Mi, Enel bisa mengambil gelombang elektromagnetik, sehingga dia mendengar percakapan dan segala sesuatu di sekitarnya; ini memperpanjang rentang Mantra untuk menutupi sekitar seluruh Skypiea. Sebagai perbandingan, sebagian besar pendeta lain hanya bisa melacak orang dekatnya. Pertama kali terlihat sedang digunakan dan disebut sebagai Haki adalah selama pertempuran Luffy di Amazon Lily dengan Boa Sisters. Kemudian, Rayleigh menjelaskan Haki ke Luffy dan menegaskan bahwa "Mantra" adalah nama kemampuan untuk skypea.

Pemakaian
Penggunaan yang paling umum dari Haki ini memungkinkan pengguna untuk merasakan kehadiran orang lain. Rayleigh menyatakan bahwa untuk menguasai kemampuan ini akan memungkinkan pengguna untuk melihat orang lain bahkan jika mereka tersembunyi dari pandangan atau terlalu jauh untuk melihat secara alami. Bila dilihat dengan cara ini, pengguna tidak dapat benar-benar melihat orang dengan ciri-ciri fisik, melainkan mengakui target oleh "aura" yang membentuk siluet sebagai cahaya pada latar belakang gelap.

Pengguna juga dapat menggunakan Haki ini untuk memprediksi gerakan lawan tak lama sebelum mereka membuat mereka, sehingga membuat serangan lebih mudah menghindar dengan keterampilan yang cukup. Prediksi ini muncul kepada pengguna sebagai sebuah gambar atau singkat "firasat" tentang apa lawan yang akan dilakukan dalam mata pikiran pengguna, serta kerusakan pengguna akan mengambil jika serangan benar-benar hits. Tampak bahwa tujuan lainnya melawan musuh yang tidak mengetahuinya, semakin mudah mereka untuk memprediksi. Meskipun, pengguna lebih terampil dapat memprediksi masa depan yang bergerak apakah ada maksud yang mengerikan di sekitar atau tidak.

Jenis Haki ini juga dapat memungkinkan pengguna untuk berempati dengan emosi dan sifat orang lain. Sebagai contoh, Otohime menggunakan Haki ini untuk merasakan penderitaan dan emosi di jantung pencuri Fishman serta mendengar teriakan yang datang dari hati Fisher Tiger. Contoh lain adalah bahwa Aisa mampu merasakan sifat agresif Wiper dengan Haki ini.

Hal ini dimungkinkan bagi pengguna Haki ini untuk merasakan kekuatan orang lain juga. Hal ini terlihat ketika Rayleigh menggunakan Haki ini untuk merasakan bahwa ada 500 makhluk di Rusukaina yang kuat dari Luffy pada waktu itu.

Kerugian
Meskipun daya memungkinkan pengguna untuk memprediksi serangan besar, dapat dielakkan dengan berbagai cara. Hal ini tidak bisa memprediksi serangan pada dasarnya secara acak; misalnya, Luffy berhasil memotong Enel yang Mantra dengan memantulkan tinjunya dari dinding terdekat, untuk mencegah dirinya sendiri dan dengan demikian Enel dengan mengetahui di mana mereka akan mendarat. Dalam keadaan unik ditelan oleh makhluk yang lebih besar dan masih hidup, pengguna Mantra hanya akan dapat merasakan tanda tangan energi yang lebih besar. Hal ini terlihat ketika Enel gagal untuk membedakan kehadiran Luffy dalam Nola ular raksasa, hanya mendeteksi setelah dia melarikan diri, menunjukkan bahwa 'suara' nya kemungkinan besar menyelimuti mereka sendiri ketika ia menggunakan kemampuan. Demikian pula, Aisa tidak bisa mendeteksi bagaimana pertempuran itu berkembang dengan Mantra sementara dalam Nola dan hanya menemukan apa yang terjadi setelah dia dan Luffy melarikan diri. Hal ini juga tidak membuat pengguna lebih cepat dari biasanya, sehingga kemampuan pengguna untuk menghindari tergantung pada kecepatan mereka; Enel tidak dapat menghindari langkah finishing Luffy karena bergerak terlalu cepat, meskipun ia mampu memprediksi itu. Demikian juga, Luffy Gear Kedua mampu melebihi Boa Sandersonia, meskipun kemampuannya untuk membaca gerakannya. Hal ini juga tampaknya goyah jika pengguna kehilangan konsentrasi mereka. Satori kehilangan kendali Mantra ketika Luffy tiba-tiba membawa tali bola yang meledak yang yang tepat untuk dia, memungkinkan Luffy untuk mengambil dia dari belakang ketika asap dibersihkan, dan Gedatsu kalah dari Chopper karena ia kehilangan konsentrasi dan Mantra nya tersendat.

Pengguna Kenbunshoku Haki
1). Aisa
2). Boa Sandersonia
3). Coby
4). Edward Newgate
5). Enel
6). Gedatsu
7). Monkey D. Luffy
8). Ohm
9). Otohime
10). Rebecca
11). Roronoa Zoro
12). Sanji
13). Satori
14). Shura
15). Silver Rayleigh
16).  Ussop
17). Patrick Redfield
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment